Selasa, 08 Februari 2011

Kisah Mitologi Dibalik Zodiak

Memang, sudah 100 tahun tempat ini gak diurusin...(ah...dari tadi ngomong sendiri nih...T_T)
Hei, ada orang disini? Sepi sekali. Tidak sesuai dengan nama yang tercantum di atas, ya?

Hoi, Kamu! Ya, kamu itu, ngapain buru-buru balik ke tab yang ada tulisan MIY***-nya itu! Setidaknya baca dulu tulisanku ini!

Ah, akhirnya kamu mau baca juga...duduk manis disitu! Ya...disitu itu!

Nah, saya akan mulai ceritanya, ya......hn, cerita apa? liat judul postingannya dong! Nanya mulu...



KISAH MITOLOGI DIBALIK ZODIAK

Apa zodiakmu? gak tau? eh....gak tau apa itu zodiak? kamu dari planet mana.....??? oh....becanda...
kamu tau gak....kalau setiap zodiak punya kisahnya masing-masing? kalau gak tau, saya ceritain. Udah gak sabaran, kan...


(hoi, ini saya gak pake copy paste lho, hayatin aja bacanya, jangan digulir gitu ah, lamannya.)


SAGITTARIUS

Sagittarius adalah simbol zodiak ke-10, melambangkan "the archer" atau sang pemanah. Orang yang lahir pada tanggal 18 Desember sampai 17 Januari akan memiliki zodiak ini. Elemen zodiak ini adalah API.

Nah, mitologi mengisahkan tentang seekor centaur (mahluk setengah kuda dan setengah manusia) bernama Chiron, seorang pemanah handal yang menderita akibat terkena serangan panah beracun dari muridnya sendiri, Hercules. Karena si Chiron ini immortal alias gak bisa mati, ya gitu deh...dianya merasa sangat kesakitan. Sakit ini tidak dapat disembuhkan, dan akhirnya dia menyerahkan tubuhnya yang abadi sebagai persembahan ke dewa Prometheus, trus dia mati deh. Zeus sangat menyayangkan kematian Chiron, yang dikenal sebagai seorang ahli senjata dan ilmu pengetahuan yang sangat bijak. Untuk penghormatan terhadapnya, Zeus mengabadikannya di langit sebagai konstelasi Sagittarius.
Ada versi lain yang lebih sederhana, lho. Katanya si Chiron ini justru minta agar dia disembunyikan di langit dari kejaran istrinya, Rhea yang lagi marah-marah karena si Chiron belum bayar tagihan .....ups, becanda. Karena memang istrinya cemburuan banget, gitu.

ARIES


Aries adalah simbol zodiak pertama, melambangkan “the ram” atau kambing jantan (kayak judul komiknya raditya dika) . Orang yang lahir pada tanggal 21 Maret sampai 19 April (April 19 - May 13 dan May 17 - May 18 dalam sidereal astrology) akan diterangi (cieh) oleh zodiak ini. Elemen zodiak ini adalah API.

Dalam mitologi Yunani, Phrixos adalah anak dari dewi awan Nephele yang dibenci oleh ibu tirinya Ino. Ino berencana untuk menyingkirkan Phrixos , jadilah si Ino ini melakukan hal-hal yang seperti di sinetron-sinetron. dia mencuri persediaan benih yang dimiliki desanya, kemudian semuanya dibakar habis. Para penduduk yang tidak tahu menahu bertanya kepada sang naga bijak atau oracle. Sebelumnya si oracle ini sudah disogok oleh orang suruhan Ino supaya berbohong kepada penduduk desa (duh, sinetronis amat). Oracle berkata kalau penduduk desa harus mengorbankan Phrixos dan adik kembarnya Helle. Tetapi, sebelum sempat dibunuh, Phrixos dan Helle diselamatkan oleh raditya dika, eh domba emas yang merupakan utusan ibu kandung mereka Nephele. Mereka dibawa ke negeri Cochis, lalu hidup disana bahagia selamanya. Domba emas itu kemudian disembelih sebagai rasa syukur Phrixos, dan jiwanya diangkat ke langit oleh Zeus sebagai konstelasi Aries.


LEO


Leo adalah merek kripik kentang, eh simbol zodiak ke-5 yang melambangkan “the lion” atau sang singa. Kamu yang lahir pada tanggal 23 Juli sampai 23 Agustus (August 10 - September 15 dalam sidereal astrology) akan memiliki zodiak maskulin ini. Elemen zodiak ini adalah API.

Ceritanya kan...si Leo ini menukar posisinya dengan Aries, lalu dia tetep ngotot tinggal di dunia manusia sampai kontraknya dan Aries dibatalkan. Tapi penyihir roh selestial yang mengadakan kontrak dengannya terbunuh, dan sebagai hukumannya si Leo ini tidak boleh kembali ke dunia roh selestial, lalu..begi....
Hei, hei hei, kamu asal nyambit aja, itu kan cerita di anime Fairy Tail! Maaf ya....saya akan ceritakan cerita mitologi sebenarnya.

Singa Nemea, salah satu monster jahat yang merupakan anak dari Typhon dan Echidna, menyerang Yunani. Raja Eurystheus, memerintahkan sepupunya Hercules untuk membunuh singa raksasa yang kebal ini sebagai tugas pertama dari The Twelve Labor . Hercules menyanggupinya dan mulailah dia pergi ke sarang singa itu. Hercules melawan singa itu dengan berbagai senjata, tapi kan sudah dibilang kalau singa itu kebal, jadi gak ada satupun serangan si Hercules yang mempan. Mana si singa itu pake sihir cahaya: Regulus Fire lagi! (becanda). Akhirnya si Hercules membunuh singa itu dengan kekuatan tubuhnya sendiri, bergulat dengan sang singa hingga singa itu tewas. Dalam versi lain, Hercules memukulnya terlebih dahulu dengan gada ajaibnya sampe benjol, kemudian di-lariat. Ada juga yang bilang kalo Hercules menembak mulut sang singa yang tidak kebal. Kemudian Hercules menguliti singa itu dengan satu-satunya senjata yang dapat menembus kulitnya: cakarnya sendiri. Akhirnya kulit sang singa itu dijadikannya rompi anti peluru, dan jiwa sang singa diangkat ke langit sebagai konstelai Leo oleh Zeus sebagai penghormatan terhadap jasa Hercules.


GEMINI

Gemini adalah simbol zodiak ke-3, melambangkan “the twins” atau anak kembar. 20 Mei sampi 21 Juni (June 20 - July 20, sidereal) adalah tanggal lahir orang yang memiliki zodiak ini. Elemen zodiak ini adalah ANGIN.

Dalam mitologi Yuk Nani, eh Yunani, si kembar Castor dan Pollux adalah putra dari Zeus. Mereka berdua dikenal sebagai Dioscuri, dua orang petualang hebat. Suatu hari si kembar Castor dan Pollux bersama sepupu mereka, Lynceus dan Idas, pergi ke Arcadia untuk mencuri sapi. Bukan cuma satu, tapi sekawanan! Duh, profesional banget. Tetapi, Castor dan Pollux dikhianati oleh dua sepupu mereka itu, dan merekalah yang menguasai seluruh kawanan sapi.Castor dan Pollux marah, lalu besoknya mereka pergi ke tempat Lynceus dan Idas untuk mengambil kembali kawanan sapi tersebut. Castor naik ke pohon untuk memata-matai keadaan sementara Pollux mencuri sapi-sapi itu. Tapi sialnya, hal ini diketahui oleh Lynceus dan Idas, mereka pun menyerang Castor yang lagi asiknya nongkrong di pohon sampai tewas. Pollux yang menyadarinya, kemudian balik menyerang Lynceus dan Idas. Lynceus terbunuh. Skor total: 1-1 untuk Pollux dan Idas. Idas mengambil langkah untuk menyerang Pollux, tetapi tiba-tiba sebuah kilat menyambarnya. Kilat dewa Zeus, yang telah melihat pertikaian antar saudara ini dari Gunung Olympus.
Zeus menyelamatkan kedua anaknya itu. Kemudian dia bertanya kepada Pollux, apakah dia ingin tinggal di Olympus agar keamanannya terjamin, atau memberikan separuh immortality-nya kepada Castor (Note: Castor dapat mati, tetapi Pollux immortal). Pollux memilih pilihan kedua, dan Castor pun hidup kembali ke dunia. Zeus mengabadikan jiwa kedua saudara ini sebagai konstelasi Gemini.


AQUARIUS

Aquarius adalah simbol zodiak ke-11, melambangkan “the water bearer” atau sang penuang air. Individu yang lahir tanggal 20 Januari sampai 19 Februari (February 16 - March 11, sidereal) dinaungi oleh zodiak ini. Elemen zodiak ini adalah ANGIN.

Ganymede adalah putra raja Troya yang terkenal akan ketampanannya. Zeus sangat terpesona akan ketampanan Ganymede, kemudian dia berubah menjadi elang dan menculik Ganymede. Ganymede dibawa ke puncak gunung Olympus. Zeus berkata kepada Ganymede, bahwa dia akan mengabadikan jiwa dan ketampanannya jika Ganymede bersedia bekerja shift di Olympus sebagai penuang minuman para dewa. Ganymede mau saja, toh nanti kalau ketampanannya abadi, bisa gaet banyak cewe tuh (kayak saya). Ganymede kemudian diabadikan sebagai konstelasi Aquarius.

LIBRA

Libra, simbol zodiak ke-7 dalam astrologi yang melambangkan “the scales” atau timbangan. Tanggal 23 September sampai 23 Oktober (October 31 - November 22, sidereal) adalah tanggal lahir pemilik zodiak ini. Elemen zodiak ini: ANGIN.
Timbangan yang dimaksud adalah timbangan yang dipakai oleh dewi keadilan Astraea dalam mitologi Romawi. Asal-usul mitologi dibalik zodiak ini: masih misteri bagi saya. Mungkin ada yang ingin menambahkan?

TAURUS

Taurus adalah simbol zodiak kedua. Melambangkan “the bull” atau sang banteng. Yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada tanggal 20 April sampai 21 Mei (May 14 - May dan 16 May 19 - June 19, sidereal). Elemen zodiak ini adalah BUMI.

Dari mitologi Yunani, Dewa Zeus jatuh cinta kepada putri Europea dari Phoenicia. Zeus mengubah dirinya menjadi seekor banteng putih untuk memikat Europea. Kemudian saat Europea memegang tanduk banteng putih jelmaan Zeus ini, dia diseret seret (kejamnya) sampai ke gunung Olympus. Disanalah Zeus menampakkan wujud dirinya yang asli, dan menyatakan keinginannya untuk menjadi suami Europea. Europea setuju saja, toh Zeus kan Dewa, gitu, banyak duitnya. Akhirnya Zeus memberikan kenang-kenangan kepada Europea dengan mengangkat jiwa seekor banteng putih ke langit sebagai konstelasi Taurus.
Versi lain menceritakan bahwa banteng itu adalah banteng kreta, yang dibunuh oleh Hercules.

VIRGO

Virgo adalah simbol zodiak ke-6, melambangkan “the virgin” (bukan the virgin penyanyi lho) atau sang gadis perawan. Orang yang memiliki zodiak feminim ini lahir pada tanggal 23 Agustus sampai 23 September (September 16 - October 30, sidereal). Elemen yang diasosiasikan adalah BUMI.
Dewi Pershepone, anak dari dewi panen Demeter diculik oleh dewa kegelapan Hades dan dibawa ke underworld untuk dihadikan budak. Dewi Demeter yang sangat terpukul akan kejadian ini menangisi putrinya sehingga tanaman di bumi tidak dapat tumbuh. Zeus yang kasihan pergi menemui Hades dan memintanya agar mengembalikan Persephone sehingga Demeter berhenti bersedih. Hades menyetujui agar mengembalikan Persephone setiap dua musim, musim semi dan musim panas. Makanya, pada saat kedua musim itu tumbuhan di bumi dapat tumbuh subur, dan kedua musim sisanya, musim gugur dan dingin tumbuhan tidak dapat tumbuh. Kemudian jiwa Persephone diabadikan di langit sebagai konstelasi Virgo.
Versi lain mengatakan kalau Virgo adalah perlambang dewi keadilan Astraea yang memegang Libra.


CAPRICORN


Wah, ini zodiak saya, nih...

Capricorn adalah simbol ke-10 dalam zodiak, melambangkan “the sea goat” atau kambing laut. Orang yang memiliki zodiak ini lahir pada tanggal 22 Desember sampai 20 Januari (January 18 - February 15, sidereal). Elemennya adalah BUMI.

Dalam mitologi Yunani lagi nih, ceritanya seekor kambing bernama Amalthea yang menjadi ibu susu bagi bayi Zeus setelah Zeus diselamatkan oleh Rhea dari Chronus ayahnya yang ingin menelannya. Kemudian si kambing diabadikan jiwanya dengan diangkat sebagai konstelasi Capricornus.
Versi lain menceritakan dewa kambing Pan yang menceburkan diri ke sungai nil karena dikejar oleh monster Typhon. Bagian tubuh dewa yang tetap berada diluar air masih menjelma sebagai kambing, tetapi bagian bawahnya telah berubah menjadi tubuh ikan.

SCORPIO


Scorpio adalah lambang zodiak ke-8, melambangkan “the scorpion” atau sang kalajengking. Orang yang lahir pada tanggal 23 Oktober sampai 22 November (November 23 - November 28, sidereal) memiliki zodiak ini. Elemennya adalah AIR.

Ini cerita mitologinya. Orion adalah seorang pemburu yang berbakat, hampir tidak ada hewan yang dapat lepas dari kejarannya. Ini membuatnya sangat sombong, dan kesombongannya membuat marah dewi Hera. Hera mengirimkan kalajengking untuk menyengat tumit Orion. Orion pun tewas, deh.
Versi lain kalau Orion sang pemburu berteman akrab dengan dewi Artemis, dewi perburuan. Apollo, kakak Artemis sangat cemburu, dia mengirimkan kalajengking untuk menyengat tumit Orion. Orion pun tewas, deh.
Versi lain lagi, si kalajengking adalah teman dari sapi putih yang diburu Orion. Kalajengking itu balas dendam dengan menyengat tumit Orion. Orion pun tewas, deh.
Zeus mengangkat jiwa Orion dan si kalajengking ke langit sebagai konstelasi Orion dan Scorpius. Konstelasi Orion selalu menghilang saat musim panas, saat datangnya konstelasi Scorpius, melambangkan kalau Orion sudah keki banget sama si kalajengking.

PISCES

Lambang zodiak terakhir ini melambangkan “the fishes” atau dua ekor ikan. Tanggal 19 Februari sampai 20 Maret (March 12 - April 18, sidereal) adalah tanggal lahir orang yang memiliki zodiak ini. Elemennya adalah AIR.

Dalam mitologi, dua ekor ikan menyelamatkan dewi Aphrodite dan putranya Eros dari kejaran monster Typhon (Monster ini suka banget ngejar-ngejar). Mereka kemudian diangkat ke langit sebagai konstelasi Pisces.

CANCER

Simbol zodiak ke-4. Melambangkan “the crab” atau sang kepiting. Orang yang memiliki zodiak ini lahir pada tanggal 21 Juni sampai 23 Juli (sidereal: July 21 - August 9) . Elemennya adalah AIR.

Hercules sedang menjalankan salah satu misi dalam The Twelve Labor yang harus diembannya. Yang paling mengerikan dan paling berat dalam misinya ini adalah membunuh Hydra, ular air raksasa berkepala 9. Kepalanya selalu tumbuh dua setiap ditebas satu. Karena sangat kewalahan, Hercules berpikir untuk membakar setiap leher Hydra yang telah terpisahkan dari kepalanya sehingga tidak bisa tumbuh lagi. Saat asik-asiknya, eh si dewi Hera yang jayus banget itu malah melempar kepiting ke kaki Hercules. Dijepit deh si Hercules. Hercules kesal, lalu kepiting itu diinjak-injaknya sambil disumpahin. Capit sebelah kepiting itu lepas satu. Hera kemudian berjanji untuk mengabadikan jiwa sang kepiting agar tidak kelihatan mati sia-sia. Diangkatlah ia ke langit sebagai konstelasi Cancer.


OPHIUCHUS


Simbol zodiak ke- 13 yang ramai diributkan akhir-akhir ini sebagai zodiak baru. Melambangkan “the serpent bearer” atau sang penangkap ular. Menurut sidereal astrologi, tanggal lahir orang yang memiliki zodiak ini adalah November 29 - December 17. Kalo gitu kita bahas mitologinya aja, ya.
Aesclapius, sang dewa pengobatan menemukan kalau bisa ular dapat dijadikan antitoksin. Dia pun mengajarkan teknik pembuatan bisa ular sebagai antitoksin kepada manusia. Zeus menghargai usahanya dan mengangkat Aesclapius dan ularnya sekaligus sebagai konstelasi Ophiuchus dan Serpens.

Nah....segitu aja dulu.....nanti saya akan posting part 2-nya. Eh, jangan salah....bukan maksudnya zodiak itu lebih dari 12, lho....maksudnya di postingan berikutnya saya akan membahas kisah mitologi dibalik konstelasi/rasi bintang selain zodiak.

Terserah deh sekarang mau buka tab yang ada tulisan MIY***-nya itu. Tapi setidaknya tulis komentar kamu...

(Note: sidereal astrology, dikembangkan oleh Astrologer Inggris Walter Berg, yang terkenal di Jepang. Sekarang perubahan susunan zodiak telah diresmikan di Jepang)

Sumber: Wikipedia , Why: Stars and Constellations

6 komentar: