Kamis, 17 Maret 2011

Penampakan Kangguru di Jepang

Jepang memiliki banyak keindahan alam yang unik. Berbagai fauna menarik dapat kita temukan disini. Ada godzilla, mothra, king ghi...aduh maaf saya becanda lagi, hehehe (>^<). Hei, kamu pernah berpikir, gak, kalu di Jepang ada kangguru? Pasti semua tahu, kangguru cuma eksis di Australia. Tapi, percaya atau nggak, banyak warga yang telah melaporkan penampakan marsupial ini di sebuah pedesaan di Prefektur Miyagi, yang terletak di timur laut Honshu, Jepang. 

Akhir 2009, serentetan penampakan kangguru yang misterus dilaporkan terjadi di daerah sekitar kota Osaki, prefektur Miyabi Miyagi. Sebagian besar penampakan terjadi di dalam dan sekitar hutan di distrik Mayama, yang dikenal memiliki banyak ladang terbuka dan padang rumput. 

(Prefektur Miyabi Miyagi diberi highlight pink)

Laporan pertama terjadi pada tanggal 24 Oktober 2009, ketika seorang penduduk distrik Mayama melihat seekor kanguru di hutan. Binatang ini digambarkan memiliki tinggi sekitar 1 meter (3.3 kaki) tingginya, dengan bulu berwarna krem/abu-abu terang ​​dan mata bersinar. Beberapa laporan lain tentang penampakan kangguru mulai datang  bulan-bulan berikutnya. Penampakan yang paling baru terjadi menjelang akhir Desember, ketika seorang wanita tua melihat seekor kanguru berlari melintasi lapangan terbuka. 


Menurut Etsuro Ishikawa, kepala komunitas masyarakat Mayama, ada sedikitnya 20 laporan penampakan kanguru di daerah tersebut selama tujuh tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa hewan tersebut telah tinggal lama di daerah itu, dan telah berhasil bertahan hidup. Tetapi belum jelas apakah penduduk sekitar melihat kangguru yang sama, atau memang ada beberapa ekor kangguru yang tinggal di daerah tersebut.



Kangguru bukan binatang asli Jepang. Jadi, bagaimana bisa ada di sana? Aduh, jangan tanya saya, saya tidak tahu...ampun...

Tidak ada laporan tentang hilangnya kangguru dari kebun binatang di sekitar daerah tersebut, dan juga, mana ada kangguru kuat berenang dari Australia sampai Jepang? "Mau naik pesawat, gue bayar pake apa, om?"


(Apaan liat-liat, dude?)



Mungkin kangguru itu adalah binatang peliharaan yang lepas, atau dilepas oleh pemiliknya. "Dasar lu kangguru sial, Habis duit gue buat ke Akihabara gara-gara ngurusin makan lo!". Kemungkinan ini sebenarnya sangat sangat mungkin, karena banyak kangguru dan wallabi yang dijual secara bebas di Jepang sana. "Ayo kanggurunya diobral...diobral...beli satu dapat satu...". "Buset...beli satu ya dapatnya satu, bang...".

Darimanapun kangguru itu berasal, bagaimana ia bisa bertahan hidup cukup lama di iklim Jepang? Hehehe, saya juga gak tau. Pake alatnya Doraemon, kali.


(Sake yang pake cap kangguru. "Ayo dibeli om..")

Motoyasu Ida, seorang pengurus bonbin di Kebun Binatang Ueno di Tokyo, Jepang, berpikir bahwa kangguru misterius itu adalah spesies Kangguru Abu-Abu Timur (Macropus giganteus). Berkerabat dengan Kangguru Merah, dan biasanya ditemukan di Australia di daerah bagian timur Queensland, hampir seluruh New South Wales dan Victoria, dan di beberapa bagian Australia Selatan. Mereka adalah spesies yang cukup besar, dengan ketinggian hingga 1,8 meter (6 kaki), dan berat hingga 60 kg (135 lbs). Ukuran ini sesuai dengan perkiraan saksi mata. Warna bulu Kangguru Abu-Abu juga sesuai dengan warna krem/abu-abu terang pada kangguru misterius yang dilaporkan.


Kangguru Abu-Abu sangat mudah beradaptasi, mereka bahkan dapat survive di wilayah yang dingin.


Crytoozologist Amerika, Loren Coleman berpendapat: "Jika murni berdasarkan ukuran saja, saya tidak setuju dengan pendapat para ahli di Jepang. Menurut saya hewan itu bisa saja seekor wallabi. Seperti yang saya tuliskan dalam artikel 'Phantom Kangaroo' di Mysterious America, ada wallabi yang mampu beradaptasi dengan baik di iklim yang lebih dingin di utara. Biasanya wallabi-wallabi ini salah dilaporkan sebagai kanguru."

Tidak ada foto atau rekaman video dari 'Phantom Kangaroo' yang dapat menjadi bukti, sehingga tidak dapat dipastikan jika hewan misterius itu adalah kangguru atau wallabi.

Para ahli dan pihak berwenang di Jepang mengganggap hal ini serius. Dalam upaya untuk mengatasi ketakutan beberapa warga, Zoologist Hideo Obara mengatakan bahwa kangguru tidak akan menimbulkan ancaman terhadap warga atau lingkungan. "Kecuali kalo kanggurunya kena radiasi dan berubah menjadi monster, mungkin kita perlu panggil super sentai"Meskipun demikian, warga telah diberitahu, jika melihat kangguru itu jangan didekati, dan sebaiknya segera lapor ke pihak berwenang.



Menurutmu, dude, hewan itu kangguru atau bukan? Atau yokai yang menyamar? Kalo kamu masih bingung, jangan garuk-garuk kepala begitu. Oh ya, let's us pray for Japan, semoga penduduk di sana tetap tabah atas cobaan gempa dan tsunami baru-baru ini. Amien.

(Source: Cryptomundo.com)

3 komentar:

enigma mengatakan...

Saya sudah pasang link kamu bro. Thanks ya.

internazionale mengatakan...

link kamu sudah saya pasang bro, thanks.

Ryousuke mengatakan...

Terima kasih!