Selasa, 15 Maret 2011

Thunderbird, Cryptid Terbang Misterius

Suku Comanche menyebutnya ba'a 'dan Suku Potawatomi menyebutnya chequah, tetapi kebanyakan orang mengenal mahluk ini sebagai Thunderbird. Meskipun penampakan burung raksasa telah dilaporkan dari masa lalu hingga kini dan dari berbagai wilayah dunia, Thunderbird adalah mahluk cryptid yang sangat khas Amerika Utara. Penduduk asli Amerika percaya bahwa burung raksasa ini membawa petir dan hujan saat mereka terbang melalui udara dengan mengepakkan sayap mereka, dan kilatan hallintar memancar dari mata mereka. 
 

Laporan modern tentang penampakan Thunderbird muncul dari berbagai lokasi di Amerika Utara, dengan laporan paling banyak muncul dari Pennsylvania hingga daerah Central State. Mark A. Hall, salah satu peneliti terkemuka dari cerita Thunderbird, memberikan deskripsi mengenai Thunderbird yang diambil dari berbagai penampakan:

"Burung ini dibedakan oleh ukuran dan kemampuannya untuk mengangkat, yang melebihi burung pemangsa manapun yang kita kenal saat ini di dunia. Perkiraan rentang sayap burung ini masih diduga-duga. Tetapi kadang-kadang pengamat memiliki manfaat dari objek yang diukur untuk perbandingan atau manfaat dari waktu mengamati burung beristirahat. Hasil paling sering memberikan ukuran 15 sampai 20 kaki. Ukuran burung saat istirahat atau berdiri di tanah tampaknya sekitar 4-8 kaki. Biasanya warna bulu burung secara keseluruhan adalah gelap."
(Numpang lewat, ya om...)
Kalian pasti tahu, seekor burung berukuran 15 kaki pasti akan menjadi burung terbesar dikenal di dunia saat ini. Rekor rentang sayap terlebar pada burung yang diketahui hidup saat ini dipegang oleh albatros pengembara (Diomedea exulans) dengan lebar sayap hingga 12 kaki. Biarpun albatros bukanlah burung pemangsa, tetapi ukuran rentang sayapnya tentu masih sangat mengesankan. Burung pemangsa terbesar saat ini adalah Kondor Andes (Vultur gryphus) dan Kondor California (Gymnogyps californianus). Kondor Andes memiliki rentang sayap 10,5 kaki dan Kondor California memiliki rentang sayap 10 kaki.

Tetapi jika dibandingkan dengan Thunderbird, yang konon mampu mengangkat seekor kijang atau orang dari tanah, burung-burung predator yang hidup saat ini tidak dilengkapi dengan kaki pencengkram yang cukup kuat untuk menahan berat badan mangsanya.

1977 LAWNDALE THUNDERBIRD INCIDENT

 (Sketsa penyerangan Thunderbird terhadap Marlon Lowe, oleh Chelsea Sams. "Asiiik aku dibawa terbang ama burung gede....")

Mungkin laporan paling kontroversial dari Thunderbird yang mampu mengangkat orang berasal dari tahun 1977 di Lawndale, Illinois. Pada 25 Juli 1977, sekitar pukul 08.09, seorang warga setempat bernama Mr.Cox sedang berdiri di depan tokonya. Tiba-tiba dia melihat ada dua objek terbang misterius, dan ternyata saat dilihat lebih dekat...dua objek itu adalah dua ekor burung raksasa! "Ih, kok burungnya gedek yah, abis dari mak erot, tuh". Eh tiba-tiba tuh, dua ekor burung gede terbang menuju ke pekarangan keluarga Lowe, dan disana kebetulan lagi ngadain BBQ party (saya gak diajak, loh). Pas orang tuanya lagi sibuk ngurusin pesta, Marlon Lowe dan dua anak laki-laki lainnya main di halaman belakang.


 (Marlon dan Ruth Lowe. "Iya om, burungnya gede banget...sumpah merinding saya ngeliatnya...")

Tiba-tiba dua ekor burung tadi langsung datang menghampiri ketiga anak tersebut. Kocar-kacir tuh anak-anak. Dua anak lolos dari serangan Thunderbird, tetapi naas bagi Marlon Lowe, salah satu burung mencengkram bahunya, dan mengangkatnya dari tanah dengan ketinggian sekitar dua kaki.


(Sketsa penyerangan Thunderbird terhadap Marlon Lowe, oleh William Rebsamen. "Emak...emak...burungnya gedek yah, lucu lagi...aku dibawa terbang ama dia nih..".)
Anak itu menjerit-jerit manggil orang tuanya (siapa juga yang gak menjerit kalo ditangkap burung gede XD) dan kemudian dua anak laki-laki lainnya memukul burung itu hingga akhirnya burung itu melepaskannya dan terbang menjauh saat ibu Marlon, Ruth Lowe menarik paksa anaknya dari kaki burung gede itu. "Woi lu burung gede lepasin anak gue...". Tidak ada kerusakan fisik pada Marlon Lowe, tetapi, dampak psikologis dari kejadian itu menorehkan luka mendalam di jiwanya (duh, puitis ^_^).


Burung-burung itu dideskripsikan memiliki rentang sayap 10 kaki, dengan keseluruhan bulu berwarna hitam dan lingkaran bulu berwarna putih di lehernya. Paruhnya kurang lebih sepanjang 6 inci dan melengkung di ujungnya. Rentang sayapnya sekitar 8 kaki  sedangkan panjang badannya 4 kaki.

Laporan dan Bukti Penampakan

Bukti sejauh ini tentang keberadaan burung predator besar di Amerika Utarahanya mengacu pada bukti historis dan bukti modern yang anekdotal, tanpa bukti nyata atau fisik sama sekali. Namun, ada dua bukti foto yang diduga sebagai Thunderbird, atau setidaknya "seekor burung besar". Yang pertama, diambil pada tahun yang sama dengan insiden penyerangan Marlon Lowe dan di negara bagian yang sama. Pada 30 Juli 1977,  John Huffer, seorang fotografer dan eks-marinir, mengambil 100 foot roll film berwarna yang memperlihatkan dua burung lepas landas dari sebuah pohon di sebuah inlet Danau Shelbyville. Film ini berkonsentrasi pada salah satu burung saja. Sangat kontroversial, dan banyak orang menduga bahwa burung yang difoto itu adalah burung Turkey Vulture.

(Sebuah sketsa yang menggambarkan Thunderbird Photograph. Itu orangnya lagi nari SKJ ama burung gede kali, ya? Lagunya pake 'Hare Hare Yukai')

Bukti foto lainnya mungkin bahkan lebih misteri, karena mungkin tidak ada sama sekali, alias hoax! Gambar yang dimaksud adalah "Thunderbird Photograph" diambil di akhir abad kesembilan belas di Texas. Gambar dikatakan untuk menggambarkan enam orang dewasa berpakaian ala koboi, berdiri di depan sebuah gudang tempat seekor burung besar dipaku ke dinding. Banyak yang mengaku telah melihat atau memiliki gambar ini, termasuk almarhum Ivan T. Sanderson yang dilaporkan telah menerima fotokopi dari gambar itu pada tahun 1966, tahun yang sama di mana Sanderson memberikan gambar itu kepada beberapa pria yang memburu Thunderbird, tetapi kemudian gambar itu hilang. Gambar itu belum muncul ke permukaan, dan mungkin tidak ada sama sekali. Gambar itu dilaporkan telah diterbitkan pada tahun 1886 di Tombstone Arizona Epitaph. Pencarian dari Epitaph Tombstone tidak menghasilkan apa-apa, tetapi sebuah artikel yang ditulis tanggal 26 April 1890 mengatakan bahwa seekor burung berukuran 16 kaki ditemukan di padang gurun oleh beberapa peternak. Jadi misteri dari "Thunderbird Photograph" tidak terpecahkan, atau memang hanya sebuah hoax.


Lantas, apa sih sebenarnya Thunderbird? Ya masih misteri banget. Thunderbird telah dilaporkan oleh penduduk asli Amerika dan orang-orang sekarang ini-dari semua lapisan masyarakat, sebagai burung yang besar, lebih besar daripada spesies yang diketahui, tetapi mirip dengan seekor kondor dalam hal tampilan. Banyak teori yang menyatakan bahwa mungkin Thunderbird adalah salah satu spesies Pterodactylus atau Teratorn yang masih bertahan hingga saat ini. Teratorn adalah burung pemangsa besar dari masa Pleistosen yang memiliki rentang sayap hingga 25 kaki. Penampilan umum Teratorn mirip dengan Thunderbird, seperti burung kondor raksasa.  

Penutup

Amerika Utara memiliki banyak misteri, di antaranya adalah Thunderbird. Makhluk ini tentu saja salah satu cryptid paling misterius di dunia. Dengan banyaknya informasi yang salah, seperti "Thunderbird Photograph" dan kurangnya dukungan dalam mencari burung-burung misterius ini, maka tidak mengherankan bahwa misteri mahluk ini menjadi tetap tak terpecahkan.

(Source:Cryptozoology.com)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hiiii.....Burung......burung manusia kaleee....

Unknown mengatakan...

Burung ini mungkin sejenis dng elang haast asal selandia baru, ukuran elang haast, tinggi swaktu brdiri skitar 1 meter dng rentang sayap 3 meteran lbih. dng ukuran sebesar ini, elang haast memungkinkan untuk mengangkat seekor rusa kecil (anak manusia jg bisa), Cma elang haast punah sblum tahun 1900an